Wedding Preparation : Wedding Organizer – Tanggal Wedding – Venue/Tempat Resepsi

Begitu selesai dilamar, akhirnya baru sadar, wedding tidak jadi dengan sendirinya :(. Harus banyak keputusan dan pilah-memilih vendor-vendor yang ada dan kebutuhan wedding. Beruntunglah I love anything about Wedding Things, bahkan dari gw SMA di komputer udah nge-save semua hal tentang wedding yang gw suka, seperti wedding dress, wedding cake, decoration, wedding souvenir, moms bride gown, sister bride gown, sampe invitation dan dekor sweet corner ❀ (hasil pencarian bertahun-tahun lewat browsing atau pas nemu). Jadinya lumayan terlatih dah harus tau apa yang harus disiapin, apalagi beberapa kali sempet bantuin nikahan temen or saudara, jadi minimal ga buta buta banget πŸ˜€

Yang dibutuhin apa aja sih? dan Kenapa Penting??

1. Wedding Organizer

Wedding organizer itu adalah team yang disewa untuk membantu planning wedding sampe pelaksanaan H-day kamu. Biasanya ada paket-paketnya, mulai dari yang bantu preparation budgeting jauh-jauh berbulan-bulan udah dibantu planning (pilihin bridal, dekor dll) sekalian diitungin biaya dan budgetingnya + pelaksanaan hari H wedding kamu. atau cuma disuruh urusin wedding H-day kamu. Why its Important? kalo bagi gw, karena gw suka dunia wedding jadi udah tau harus cari apa dan mulai dari mana. tapi bagi kamu yang belom pernah kenal dunia wedding dan harus cari apa dan bagaimana, pasti super REMPOONGG. thats why ada Wedding Organizer (WO). Kalo gw cuma ambil paket yang H-Day berhubung bisa urus sendiri dan emang enjoy urus planningnya, tapi tetep aja Wedding H-day nya gw ngerasa SANGAT REKOMEN untuk pake WO. why? sebelum H-day sih gw bisa urus semuanya, tapi pas H-day? mana mungkin kita yang udah pake gaun pengantin, telp-telp in vendor-vendor udah dateng atau belum, periksa katering, periksa dekor. Belum lagi misalnya entertainment yang belum dateng? well ga mungkin kita yang urus semuanya. apalagi denger cerita kalo pas kita udah dimakeup dan pakai gaun pengantin, itu ga akan bisa urus apapun. pernah denger cerita di blog tetangga, kalo microphone dan layarnya mati dan ga bisa pasang video pas pemberkatan, kebetulan di blog tetangga cerita ‘untung ada WO yang nanganin, videonya diutak atik, microphonenya juga dibenerin, sampe semua no mistakes. Jumlah orang Wedding Organizer berbeda-beda, biasanya 5-10 orang, tergantung besar pestanya.

Untuk harga beraneka ragam. Tergantung kalian mau paket planning jauh-jauh hari + H-day, atau cuma H-day aja. Price yang buat H-day aja = IDR 5jt- 10jt. Untuk milih WO : pertama, kalian lihat review nama WO tersebut bagus dan rekomen apa engga di blog-blog review wedding orang lain. Kedua, Terus kalian kudu minta kontak person mereka, Chatting or telp, tanya-tanya, respon mereka bagus atau ga (kalau di chat or di telp aja udah males-malesan ngapain pakai mereka?). Ketiga, Ajak ketemuan, ngobrol. mereka ontime atau ga? pas ketemuan orangnya ngerti bener-bener seluk beluk dunia wedding atau engga. dan WO yang baik adalah, walaupun kalain cuma bayar H-day package, kalian boleh tetep tanya-tanya dan dikasih saran sama WO tersebut tentang dunia wedding : misalnya nanya tentang bridal A dan B atau katering yang rekomen.

2. Pilih Hari dan Tanggal Wedding

gampang-gampang susah loh pilihnya, apalagi kalo keturunan Tionghoa kaya gw, kudu musti ikutin tradisi orang tua yang dipercaya sebagai milih harus yang “HARI BAIK”. well sebenernya gw disagree sih, karena setiap hari itu hari yang baik, tapi gw paling ogah kalau ada apa-apa kedepannya, orang tua or camer bakal marah-marah dan bilang “tuh kan ga mau dengerin kata orang tua, tuh kan harinya jelek”, jadi Pony and Ninot setuju ikutin camer dan ortu kita buat nentuin hari baik.

Awalnya kita berencana pakai tanggal 31 July 2016, karena itu anniversary Pony dan Ninot ke 12 tahun dan jatuhnya pas hari Minggu. Hepi kan, tapi abis itu dibilanglah kalo tanggal yang baik itu harus berakhiran -ber -ber -ber ; september, oktober sampai desember. Terus dilihat lagi katanya bulan Juli itu pas roh-roh jahat lagi keluarlah dll dll. Pusing pala barbie πŸ˜₯

Jadilah kita kasih optional hari baik bulan september atau oktober, dan my aunty help us to find the date dan muncullah optional tanggal-tanggal. Setelah Ninot & Pony berunding pilih-pilih tanggal tertera, akhirnya kita ambil Sabtu, 1 Oktober :D. Tips pilih tanggal : Pilihlah tanggal yang bukan pas musim hujan = banjir, pilih awal tanggal atau minggu pertama-kedua, karena orang-orang baru gajian πŸ™‚

tanggal merid

3. Venue/Tempat Wedding

For me, this is the number one buat yang dicari and dipilih dan merepresentasikan wedding kalian. Pilih gedung atau hotel ya? harus dipertimbangkan dari budget kalian. Kalo budget besar boleh aja pilih hotel kelas atas, tapi kalo di blog ini, budget gw ga sampe buat sewa hotel. LOL πŸ˜€ dimulai dari menentukan berapa jumlah undangan kalian. Tamu = 2x jumlah undangan, misalnya 400 undangan = 800 tamu. dan biasanya tingkat kehadiran dari yang diundang adalah 70%-90% yang datang. Untuk perhitungan katering akan gw bahas setelah ini dengan judul post “Cara Menentukan Jumlah Buffet dan Pondokan”. Setiap orang punya pertimbangan buat pilih venue wedding. Kalo Ninot dan Pony kriterianya adalah

1. Sesuai budget (pastilah)

2. Bukan di daerah yang terlalu jauh dari rumah

3. Indoor, Ber AC, Berkarpet, Bersih, Terawat

4. Ceiling/tinggi ruangan lumayan tinggi

5. Ga ada pilar-pilar yang menghalangi pandangan

6. Manajemen yang HELPING dan bersedia HELPING di H-day (dan ga sombong/jutek)

7. Yang merid di gedung itu ga lebih dari 2-3 wedding (kalo bisa ya cunma 1 ballroom yang dipake saat itu)

Advertisements

2 thoughts on “Wedding Preparation : Wedding Organizer – Tanggal Wedding – Venue/Tempat Resepsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s